Bakal Kehilangan 9 Hal Ini Kalau Tidak Punya E KTP

Masalah E KTP emang masih jadi perdebatan panjang yang tiada henti. Buat kamu yang udah punya E KTP, bernafas lega lah. Sedangkan kamu yang tidak punya E KTP, berhati-hati lah karena kamu bisa kehilangan 9 hal ini.



Kehilangan kesempatan jalan-jalan ke luar negeri

Hal yang paling nyesek kalau kamu tidak punya E KTP adalah nggak bisa ke luar negeri. Soalnya, kamu nggak bisa ngurus untuk bikin paspor ataupun perpanjang paspor kalau kamu nggak ada E KTP yang berlaku.




Kehilangan kesempatan jalan-jalan naik kereta dan pesawat

Kalau cuma Jakarta-Bandung atau Semarang-Jogjakarta aja sih mungkin masih sanggup dijangkau naik bis atau mobil pribadi. Tapi, kalau kamu jalan-jalan ke Bali atau Lombok pasti harus naik kereta atau pesawat, kan? Kalau kamu tidak punya E KTP, kamu nggak diizinin untuk beli tiket kereta atau pesawat karena E KTP dianggap udah jadi kartu kependudukan yang sah dan terdaftar.



Kehilangan kartu identitas legal

Mungkin kamu penduduk kota lama dan udah punya KTP lama tersebut bertahun-tahun. Meski namamu ada di daftar warga RT, tapi kalau kamu tidak punya E KTP, kmau nggak punya identitas legal namanya karena sekarang ini, identitas legal yang diakui ya E KTP.



Kehilangan kesempatan buat nyetir secara legal

Anak sekarang rata-rata pasti udah bisa nyetir dong ya. Mulai dari anak SD, bahkan. Nah, kalau kamu tidak punya E KTP, bisa-bisa kamu nggak bisa nyetir dengan legal walaupun umurmu udah dianggap dewasa karena salah satu syarat membuat SIM adalah punya E KTP.



Kehilangan kesempatan nulis nama pribadi di STNK

Selain itu, sanksi tidak punya E KTP lainnya adalah kamu nggak bisa punya motor dan mobil pribadi atas namamu sendiri walaupun dibeli dengan uangmu. Soalnya, kamu nggak bisa dapet STNK kalau tidak punya E KTP. Hm, masa iya selama ini udah nabung susah-susah, tapi pas udah dapet mobilnya nggak bisa pakai nama sendiri sih?



Kehilangan kesempatan berobat gratis

Asuransi dari pemerintah yaitu BPJS emang sangat menguntungkan banget untuk menjamin kehidupan sehari-hari. Dengan BPJS, kamu bisa memeriksan kesehatan tubuh dengan biaya yang udah dijamin. Tapi, kalau kamu tidak punya E KTP ya kamu harus terima sanksi tidak punya E KTP yaitu nggak bisa ngurus atau terdaftar dalam BPJS. Hm, sayang, ya?



Kehilangan kesempatan untuk punya rekening pribadi

Buat kamu yang baru masuk 17 tahun, mendingan langsung urus KTP elektronik deh. Soalnya, kalau kamu tidak punya E KTP, kamu bakalan susah untuk buka rekening di bank. Trus nanti dapet uang jajannya gimana dong, ya?



Kehilangan kesempatan menggunakan hak pilih

Nah, yang satu ini juga nggak kalah penting nih. Kalau kamu udah punya pilihan dan ingin menggunakan hak suara yang benar, kamu harus punya KTP elektronik. Kalau kamu tidak punya E KTP, siap-siap deh kamu nggak bisa menggunakan hak pilihnya karena belum jadi pemilih yang terdaftar.



Yang paling fatal, kehilangan kesempatan untuk punya teman hidup legal

Mungkin poin poin di atas nggak terlalu penting dan masih bisa ditunda. Tapi, kalau yang satu ini, yakin kamu sanggup nunda?

Kalau kamu tidak punya E KTP, kamu nggak bisa nikah sama sang pujaan hati karena untuk daftar ke KUA sebagai salah satu persyaratan menikah, kamu harus menunjukan E KTP sebagai kartu identitas yang sah dan terdaftar. Daripada kamu batal nikah gara-gara KTP elektronik aja, mendingan buruan deh kamu urus KTP elektronikmu itu.


Sumber : Bakal Kehilangan 9 Hal Ini Kalau Tidak Punya E KTP

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bakal Kehilangan 9 Hal Ini Kalau Tidak Punya E KTP"

Posting Komentar