Tahukan Anda Mengapa Lukisan Monalisa Sangat Berharga?

Tahukan Anda Mengapa Lukisan Monalisa Sangat Berharga? - Kebanyakan kalangan pasti sudah sependapat kalau lukisan monalisa harga yang bernilai sangat mahal.

Tidak hanya dari segi nilai ekonomi, dari segi karya seni, teknik yang digunakan untuk membuat lukisan tersebut juga terbilang berbeda pada zaman tersebut.

Sejatinya, lukisan monalisa dibuat oleh seorang artis bernama Leonardo Da Vinci pada abad ke 16. Sampai saat ini belum diketahui siapa sebenarnya wanita yang ada dalam lukisan tersebut.



Berbagai pendapat telah dikemukakan para ahli untuk mengungkap wanita yang tersenyum itu. berbagai penelitian juga pernah dilakukan untuk menguak misteri dari lukisan monalisa, namun kebanyakan masih bingung dengan hasil yang didapat.

Di sisi lain, hal inilah yang membuat lukisan Monalisa semakin berarti banyak karena misteri yang terdapat pada lukisannya. Maka tidak heran jika sering terdengar bahwa lukisan ini sering berpindah tangan karena dicuri.

Karya seni terbaik sepanjang sejarah
Sebenarnya tidak hanya lukisan monalisa yang terkenal di dunia. Namun kebanyakan lukisan lain tidak ada nilai misteri tersendiri yang membuat kolektor semakin penasaran.

Lukisan lain hanya akan menonjolkan teknik pembuatannya atau mengedepankan nilai-nilai artistik saja. Berbeda dengan monalisa, selain menonjolkan sisi teknik atau artistik, lukisan ini mempunyai nilai sejarah dan misteri yang masih belum bisa diungkap.

Refleksi sejarah
Awalnya, monalisa merupakan sebuah lukisan yang dipesan oleh bangsawan bernama Francesco di Bartolomeo kepada Leonardo da Vinci.

Lukisan ini selesai dibuat pada tahun 1503, namun dengan alasan tidak diketahui, lukisan ini justru tidak diserahkan dan justru dijual pada pihak kerajaan. Lukisan Monalisa juga pernah dimiliki raja Napoleon saat memerintah Prancis.

Senyuman monalisa
Masih belum diketahui apa makna dari senyuman Monalisa ini. Banyak pendapat yang sudah dilontarkan oleh pengamat namun semuanya masih diperdebatkan.

Salah satu pendapat paling banyak digunakan yaitu dari Sigmun Freud yang menyatakan bahwa senyuman itu diajarkan oleh ibu Leonardo. Hal ini terlihat dari karya lain Leonardo yang memiliki kesamaan senyuman.

Misteri monalisa
Sudah banyak orang yang mengetahui tentang lukisan monalisa, namun bagaimana dengan wajah sang pembuatnya.

Ada banyak argument mengenai misteri ini. Salah satu argument yang dilontarkan oleh dr. Lilian Schwart bahwa lukisan monalisa adalah refleksi cermin dari wajah Leonardo sendiri yang dilukis.

Sumber : Tahukan Anda Mengapa Lukisan Monalisa Sangat Berharga?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukan Anda Mengapa Lukisan Monalisa Sangat Berharga?"

Posting Komentar