Menara Masjid Mirip Candi Paling Terkenal dari Kudus

Menara Masjid Mirip Candi Paling Terkenal dari Kudus - Kudus - Sebuah masjid di Kudus, Jawa Tengah punya menara yang tidak biasa. Bentuknya seperti bangunan pada candi. Ada pelajaran tentang toleransi di sana.

Inilah Masjid Menara Kudus, masjid berbentuk candi yang unik (dok Pemkab Kudus)


Kudus identik dengan sebuah masjid dengan tampilan yang unik. Itulah Masjid Al Aqsa Manarat Qudus atau lebih dikenal sebagai Masjid Menara Kudus, yang dibangun oleh Sunan Kudus sekitar tahun 1549. Lokasinya di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Dari informasi yang dikumpulkan detikTravel, Kamis (8/6/2017), menara masjid ini merupakan salah satu yang tertua di Jawa dan bentuknya seperti candi. Hal ini bisa dibilang sebagai bentuk asimilasi budaya di masa lalu, serta simbol keberagaman etnis dan agama di Kudus.

Menara di rumah ibadah umat Muslim ini tampak menyerupai candi Jawa-Hindu. Terbuat dari bata merah tanpa perekat semen, menara dibangun menjulang tinggi hingga 18 meter.

Menara masjid yang berbentuk candi


Menara Masjid Mirip Candi Paling Terkenal dari KudusMenara masjid yang berbentuk candi (Muhammad Ikhsan Burhanudin/d'Traveler)

Tiga puluh dua piring keramik bergambar ikut menghiasi menara. Dua belas buah piring berwarna merah dan berlukiskan kembang. Sementara dua puluh buah lainnya berwarna biru serta berlukiskan masjid, manusia dengan unta, dan pohon kurma.

Di sebelah menara, berdiri masjid yang megah dengan sekitar 8 tiang-tiang penyangga dari kayu jati. Tiang tersebut dapat traveler lihat di sisi dalam masjid.

Sisi luar masjid


Menara Masjid Mirip Candi Paling Terkenal dari KudusSisi luar masjid (Muhammad Ikhsan Burhanudin/d'Traveler)

Komplek masjid juga dihiasi ornamen yang kental dengan nuansa akulturasi budaya Hindu, Budha, Jawa, dan China. Misalnya saja pancuran untuk wudu yang jumlahnya 8, dengan arca di bagian atasnya. Konon pancuran yang berjumlah 8 itu mengadopsi keyakinan Buddha 'Delapan Jalan Kebenaran' atau Asta Sanghika Marga.



Keberagaman di masjid ini sekaligus menjadi simbol toleransi di Kudus. Bahkan di depan masjid terdapat kelenteng dan masyarakatnya tetap berbaur rukun selama berabad-abad.

Selain beribadah di masjid, pengunjung juga bisa ziarah ke makam Sunan Kudus. Letaknya di sebelah barat area masjid.

Menara Masjid Mirip Candi Paling Terkenal dari KudusMasjid Menara Kudus ramai dikunjungi (Reno/detikTravel)

Masjid Menara Kudus ramai dikunjungi


Nah, traveler yang liburan ke Kudus cobalah mampir ke masjid ini dan lihat sendiri keindahannya. Jika berkunjung menjelang bulan Ramadan, traveler dapat mengikuti tradisi Dhandhangan, yang diadakan warga setempat untuk menandai dimulainya ibadah puasa Ramadan.

Biasanya Masjid Menara Kudus menjadi pusat keramaian warga saat tradisi Dhandhangan berlangsung. Para pedagang yang menjajakan makanan serta minuman untuk warga yang hadir.

Bagian dalam masjid
Sumber : Menara Masjid Mirip Candi Paling Terkenal dari Kudus

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menara Masjid Mirip Candi Paling Terkenal dari Kudus"

Posting Komentar